Peran Guru dalam Membangun Kemandirian Anak Melalui Model Pembelajaran Moving Class pada Usia Taman Kanak-Kanak

Main Article Content

Tarish Daffa Rabbani
Universitas Tarumanagara
Aurellya Sinanta Poek Xin Pei
Universitas Tarumanagara
Agoes Dariyo Dariyo
Universitas Tarumanagara

Tingkat kemandirian anak pada usia taman kanak-kanak merupakan hal yang penting dalam pendidikan. Hal ini juga akan melibatkan peran guru selama di sekolah untuk membantu anak-anak dalam mengembangkan kemandirian mereka. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui peran seorang guru untuk membantu membangun dan meningkatkan tingkat kemandirian anak di sekolah. Teknik pengambilan data dengan metode kualitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan dalam pembentukan perilaku kemandirian anak melalui sistem pembelajaran moving class dengan melakukan pembiasaan dan mencontohkan sikap teladan kepada peserta didik. Melalui berbagai pendekatan yang sesuai dengan anak, guru dapat membimbing anak-anak selama di sekolah dalam mengembangkan keterampilan sosial, emosional, serta kognitif yang diperlukan untuk menjadi individu yang mandiri. Maka dari itu, peran seorang guru terhadap kemandirian anak memiliki dampak yang besar dan berpengaruh dengan masa depan mereka.


Keywords: Kemandirian anak, peran guru, usia taman kanak-kanak, moving class