Kecemasan Bersekolah pada Anak Pra-Sekolah
Main Article Content
Kecemasan bersekolah anak prasekolah adalah kecemasan yang dialami oleh seorang anak sebelum usia sekolah dasar ketika ia menjalani tugas-tugas pembelajaran selama di taman kanak-kanak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kecemasan bersekolah pada anak usia prasekolah. Metode penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data dengan wawancara dan observasi. Jumlah responden sebanyak 3 orang guru yang mengatasi anak dengan kecemasan dan 3 Orang anak prasekolah usia 4-6 tahun. Teknik analisis dengan menggunakan pendekatan tematik dan dengan menggunakan konsep teori psikoanalisis klasik. Hasil penelitian menunjukkan kecemasan yang dirasakan anak sering kali disebabkan oleh rasa tidak ingin ditinggalkan oleh ibu dan anak belum merasakan kenyamanan dengan lingkungan sekolah sehingga anak merasakan rasa cemas yang berlebihan.