Analisis A’wot Sebagai Perencanaan Pengembangan Desa Wisata Tiwingan Lama Kabupaten Banjar
Main Article Content
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui faktor internal objek wisata yang dapat mempengaruhi jumlah pengunjung Desa Wisata Tiwingan Lama, (2) mengetahui faktor eksternal daya tarik wisata yang dapat mempengaruhi jumlah pengunjung Desa Wisata Tiwingan Lama, dan (3) menentukan strategi pengembangan terbaik yang akan digunakan dalam rangka peningkatan jumlah pengunjung Desa Wisata Tiwingan Lama. Metode penelitian kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Tinjauan pustaka, observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data untuk penelitian ini. Strategi analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT kualitatif dan AHP (Analytical Hierarchy Process). Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Desa Wisata Tiwingan Lama merupakan desa wisata dengan berbagai potensi wisata, dan kondisi alam dengan panorama yang indah, lokasi yang strategis, dan akses yang memadai dari kota merupakan faktor internal yang berkontribusi terhadap kekuatan desa wisata Tiwingan Lama. (2) Faktor eksternal yang menjadi peluang pengembangan desa wisata Tiwingan Lama adalah perubahan tren pariwisata di masa pandemi dengan menjadikan desa wisata sebagai potensi wisata lokal desa wisata, sedangkan kelemahan desa adalah rendahnya kualitas SDM desa. dalam hal pariwisata. yang sebagian besar masih belum tergali, sedangkan kendala dalam pengembangan desa wisata Tiwingan Lama adalah potensi banjir dan (tanah) longsor serta kurangnya dukungan dari pemerintah setempat, dan (3) berdasarkan hasil analisis A'WOT terhadap kondisi Desa Tiwingan Lama, strategi yang digunakan paling tepat untuk digunakan dalam mengembangkan wisata di desa wisata Tiwingan Lama adalah strategi SO yaitu dengan mengembangkan potensi produk wisata yang ada di Desa Tiwingan Lama