Kendala Membaca Puisi dan Strategi Model Cooperative Script

Main Article Content

Do’atusy Syuroyah
Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Jawa Barat, Indonesia
Tazqiah Nuralizza
Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Jawa Barat, Indonesia
Tiara Yuliani Sabillah
Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Jawa Barat, Indonesia
Maya Dewi Kurnia
Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Jawa Barat, Indonesia

Kegiatan membaca puisi merupakan salah satu dari kegiatan apresiasi satra yang bertujuan untuk menghargai dan melestarikan sebuah karya sastra. Dalam membaca sebuah puisi dibutuhkan keterampilan berbicara yang harus diperhatikan. Oleh karena itu rumusan masalah ada penelitian ini adalah bagaimana kendala yang dialami siswa ketika membaca puisi? dan bagaimanakah gambaran strategi model cooperative script?. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah mencari tahu kendala yang dialami siswa dan menggambarkan sebuah strategi membaca puisi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner. Pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara tersusun. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa dalam praktek membaca puisi yang berlangsung di sekolah sering kali dijumpai kendala yang dialami oleh siswa. Sistem pembelajaran yang berubah dikala pandemi mengakibatkan perubahan pada pola pembelajaran hal tersebut mengakibatkan perbedaan kendala yang dialami oleh siswa baik sebelum berlangsungnya pandemi atau pada masa pandemi dan dalam penelitian ini juga menggambarkan sebuah strategi membaca puisi berupa metode Cooperative Script yang membutuhkan kerja sama antara dua orang, yang mana yang satu sebagai pembicara dan yang satunya sebagai pendengar


Keywords: Puisi, kendala, strategi, Cooperative Script