Penetrasi Pasar Dengan Menggunakan Analisis Pestle: Studi Kasus di PT. HSI Cabang Bandung

Main Article Content

Eko Riwayadi
Universitas Pelita Bangsa, Bekasi, Indonesia
Novtri Mariatie
Universitas Pelita Bangsa, Bekasi, Indonesia

Pada masa pandemi Covid 19, PT. HSI tetap eksis dan berupaya untuk tetap bertahan ditengah kondisi yang tidak menentu. Meskipun pandemi berdampak pada semua aspek, akan tetapi tidak menyurutkan semangat HSI untuk mengembangkan usahanya, salah satunya yakni memperluas wilayah usaha dengan membuka cabang baru di wilayah Bandung. Dalam kegiatan usaha di kantor cabang baru menemukan kendala untuk memperoleh konsumen baru. Hal ini merupakan salah satu faktor yang harus diteliti lebih lanjut khususnya dalam hal penetrasi pasar yang harus dihadapai dan ditanggulangi oleh perusahaan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis strategi penetrasi pasar pada kantor cabang baru HSI di Bandung dan pengaplikasiannya dengan menggunakan digital marketing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi penetrasi pasar dan faktor eksternal HSI dalam mengembangkan usaha pada pembukaan kantor cabang baru yang berlokasi di Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menganalisis faktor eksternal menggunakan analisis PESTLE yakni faktor politik ekonomi, sosial, teknologi, hukum, dan lingkungan, serta pengaplikasiannya menggunakan digital marketing. Hasil analisis PESTEL wilayah Bandung Raya menunjukkan hasil yang sangat positif artinya di semua sektor baik politik, ekonomi, sosial, teknologi, lingkungan dan hukum sangat mendukung bagi HSI untuk melakukan penetrasi pasar baru di wilayah Bandung Raya. Bisnis model yang dikenalkan juga sangat menggoda dalam artian sangat membantu bagi UMKM untuk menunjang bisnisnya sehingga terjadi hubungan simbiosis mutualisme. Para UMKM cukup mengeluarkan modal kecil kemudian sudah bisa mempunyai tempat pendingin makanan dan minuman yang selanjutnya untuk dijual. Dengan dukungan media sosial HSI bisa mengoptimalkan strategi pemasarannya secara digital atau digital marketing strategi untuk menjangkau para UMKM di wilayah Bandung Raya dengan semaksimal mungkin


Keywords: Penetration Market Strategy, PESTLE Analysis, Digital Marketing