Strategi Pembelajaran Guna Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Melalui Sarana Prasarana Di SD Al-Ma’soem

Main Article Content

Rakanita Dyah Ayu Kinesti
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus, Jawa Tengah, Indonesia
Naily Himmatul Ulya
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus, Jawa Tengah, Indonesia
Laana Nafisatus Suroyya
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus, Jawa Tengah, Indonesia
Fathia Latifah
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus, Jawa Tengah, Indonesia
Eka Vina Rahmawati
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus, Jawa Tengah, Indonesia
Nurul Khoirin Nida
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus, Jawa Tengah, Indonesia
Aeni Khasanah
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus, Jawa Tengah, Indonesia

Strategi merupakan sebuah cara atau pendekatan yang sangat menyeluruh dan sangat berkaitan dengan adanya pelaksanaan gagasan atau suatu perencanaan serta eksekusi dalam suatu aktivitas yang berada dalam kurun waktu tertentu. Dalam proses pembelajaran sarana dan prasarana sangat diperlukan dalam rangka menunjang kelancaran proses kegiatanya, sehingga pengelolaan sarana dan prasarana sangat diperlukan oleh setiap sekolah. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan: (1) Strategi Peningkatan kualitas pembelajaran Di SD Al Masoem, (2) Perencanaan Peningkatan Sarana dan Prasarana di SD Al Masoem, (3) Peran pendidik dalam peningkatan kualitas pembelajaran melalui sarana dan prasarana di SD Al Ma’soem. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi pustaka dan Studi Hasil Pengamatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan, meliputi: (1) observasi partisipan, (2) wawancara mendalam, dan (3) studi dokumentasi.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Strategi Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Peningkatan Sarana dan Prasana terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang merupakan hasil dari kualitas pembelajaran yang diberikan dari pendidik kepada siswa di SD Al Masoem, Bandung, Jawa Barat


Keywords: peningkatan, kualitas, pembelajaran, sarana dan prasarana