Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar

Main Article Content

Nurhakim Nurhakim
SMAN 3 Mukomuko Bengkulu, Indoensia

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran kontekstual berbantuan media interaktif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan metode eksperimen atau yang disebut metode kuasi eksperimen yang dilaksanakan di dua sekolah SMAN yang ada di kabupaten Mukomuko, yaitu SMAN 03 Mukomuko sebagai kelas eksperimen dan SMAN 05 Mukomuko sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan sebanyak  empat siklus di SMAN 03 Mukomuko diketahui bahwa kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran mengalami peningkatan selama dilakukan penerapan tindakan. Aktivitas belajar siswa dikelas yang mencerminkan motivasi belajar mengalami peningkatan mulai dari penerapan pertama sampai pada penerapan berikutnya seiring dengan meningkatnya kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran kontekstual. Disamping itu, penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran juga memperlihatkan peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual berbantuan media interaktif tidak hanya memperbaiki dan meningkatkan motivasi belajar siswa tetapi juga meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran, walaupun peningkatan baik motivasi maupun hasil belajar yang diperoleh  tidak sebaik yang diharapkan tetapi masih pada kategori signifikan. Hal itu dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kemampuan guru, karakteristik siswa, lingkungan, dan faktor pola pikir. Penelitian ini juga menghasilkan sebuah model pembelajaran kontekstual berbantuan media interaktif yang bersifat generik, artinya bahwa model pembelajaran ini dimungkinkan bisa diterapkan pada sekolah lain yang memiliki karakteristik yang sama dengan kelas eksperimen dalam penelitian ini


Keywords: Model Pembelajaran Kontekstual, Media Interaktif, Motivasi, Hasil Belajar.