Evaluasi Proses Bisnis Layanan Mahasiswa Baru Di Perguruan Tinggi Menggunakan Capability Maturity Model Integration

Main Article Content

Tirta Anhari
Computer Science Department, BINUS Graduate Program -Master of Computer Science, Bina Nusantara University, Jakarta 11480, Indonesia
Ford Lumban Gaol
Computer Science Department, BINUS Graduate Program –Doctor of Computer Science, Bina Nusantara University, Jakarta 11480, Indonesia
Takuro Matsuo
Advanced Institute of Industrial Technology, Tokyo, Japan
M. Asep Rizkiawan
Electrical Engineering Department, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Jakarta,Indonesia

Proses bisnis merupakan hal penting yang dapat menentukan kesuksesan dan keselarasan dari tujuan suatu perusahaan atau organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa matang proses bisnis layanan mahasiswa baru di Universitas XYZ, yang mencakup semua langkah dari pendaftaran hingga orientasi mahasiswa baru. Proses bisnis di ukur tingkat kematangannya menggunakan capability maturity model integration (CMMI). Tingkat kematangan CMMI terdiri dari Initial, managed, defined, quantitatively managed, dan optimizing. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang di isi oleh 16 informan yang terlibat pada layanan mahasiswa baru. Setelah itu, Dilakukan analisis data untuk menemukan kekuatan dan kelemahan dalam proses bisnis saat ini. Menurut hasil penelitian, proses bisnis layanan mahasiswa baru di Universitas XYZ berada pada tingkat maturitas pada level 4 “quantitatively managed” dengan skor 5,34. Dalam makalah ini juga peneliti memberikan saran untuk melakukan perbaikan yang berkelanjutan agar dapat meningkatkan maturitas ke-yang lebih tinggi pada Universitas XYZ dan tentunya dapat meningkatkan layanan dan kepuasan mahasiswa baru melalui penelitian ini


Keywords: Maturitas Proses Bisnis, Capability Maturity Model Integration (CMMI), Layanan Mahasiswa Baru