Analisis Tingkat Pemahaman Siswa Tentang Sistem dan Produk Perbankan Syari’ah
Main Article Content
Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya pemahaman siswa terhadap sistem dan produk perbankan syariah di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pemahaman siswa mengenai sistem dan produk perbankan syariah. Metode penelitian menggambarkan kualitatif deskriptif dan Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi kepada kepala sekolah, guru dan kepada 33 orang siswa Kelas XII SMA PGRI 109 Kota Tangerang. Landasan teori pemahaman mengacu kepada teori Bunyamin S. Bloom yaitu : interprestasi, mencontohkan, mengklasifikasikan, meringkas, menyimpulkan, menjelaskan dan membandingkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman siswa tentang sistem dan produk perbankan syariah secara umum kurang paham. Faktor kurang pahamnya karena penjelasan yang diberikan oleh guru dikelas tidak fokus dengan sistem dan produk perbankan syariah, kurangnya informasi dari media digital, faktor tidak adanya atribut perbankan syariah dilingkungan sekolah dan faktor kurangnya minat atau daya tarik siswa dalam pembelajaran perbankan syariah. Penelitian ini merekomendasikan bahwa sistem dan produk syariah di Indonesia perlu untuk dikembangkan sejak dini dan materi perbankan syariah seyogyanya masuk kedalam kurikulum merdeka.