Analisis Hambatan Samping Jalur Satu Arah pada Ruas Jalan Agro (Segmen Perempatan Pos Polisi Bulaksumur Sampai Bunderan Perikanan UGM)

Main Article Content

Singgih Subagyo
Universitas Cokroaminoto Yogyakarta

Jalan Agro adalah salah satu jalan yang ramai dan sering dilalui salah satu alasannya yaitu di samping jalan terdapat kampus, Toko Gudeg, dll, jalan ini mengalami ketidaklancaran kinerja arus lalu lintas akibat adanya parkir di badan jalan, oleh karena itu jalan ini menjadi lokasi penelitian terutama bertempat pada Jalan Agro arah barat ke timur segmen Perempatan Pos Polisi Bulaksumur sampai Bunderan Perikanan UGM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aktivitas parkir pada badan jalan terhadap kinerja lalu lintas di Jalan Agro. Penelitian ini dilakukan melalui survei volume lalu lintas dan survei hambatan samping secara bersamaan. Hasil analisis kinerja ruas jalan didapatkan bahwa volume (Q) tertinggi lalu lintas yang ada di ruas Jalan Agro yaitu terjadi pada Hari Selasa sebesar 926 skr/jam, kerapatan (K) senilai 51,1 dan derajat kejenuhan (Dj) senilai 0,308, dan volume (Q) terendah lalu lintas yang ada di ruas Jalan Agro yaitu terjadi pada Hari Minggu sebesar 329 skr/jam, kerapatan (K) senilai 13,6 dan derajat kejenuhan (Dj) senilai 0,110 dengan indeks pelayanan terendah berada berada pada kategori B dan indeks pelayanan tertinggi berada pada kategori C. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa parkir pada badan jalan menyebabkan menurunya kapasitas ruas jalan yang berdampak pada menurunya kinerja ruas jalan.


Keywords: volume, derajat kejenuhan, kapasitas jalan, parkir badan jalan, tingkat pelayanan jalan, jalan agro ugm yogyakarta