Analisis Implementasi Tata kelola Mutu Dalam Pencapaian Indikator Nasional Mutu (INM) di Puskesmas Kota Depok Provinsi Jawa Barat Tahun 2022-2023

Main Article Content

Nur Afiyah
Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia
Dumilah Ayuningtyas
Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia

Tata Kelola Mutu Puskesmas merupakan pengelolaan terhadap tingkat layanan kesehatan untuk individu dan masyarakat yang dapat meningkatkan luaran kesehatan yang optimal. Penerapan tata kelola mutu melalui tiga komponen yaitu struktur/input, proses dan output. Input terdiri dari sumber daya manusia, sarana dan prasarana, ketersediaan anggaran, komitmen pimpinan dan staf, serta pengorganisasian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi tata kelola mutu dalam pencapaian Indikator Nasional Mutu (INM) di Puskesmas Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, selama periode tahun 2022-2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan design studi kasus, Hasil penelitian pada faktor input sudah berjalan namun beberapa factor tidak sesuai standar. Pada faktor proses USEPDSA belum berjalan yaitu pada proses Do/pelaksanaan pengukuran INM belum sesuai, pada Study/ evaluasi pembelajaran belum dilakukan monitoring evaluasi secara berkala dan kaji banding, Pada proses Act / standarisasi belum dilakukan. Pada faktor Output, capaian prioritas INM tahun 2022 dan 2023 tidak terjadi peningkatan. Kesimpulan tata kelola mutu dalam pencapaian Indikator Nasional Mutu (INM) belum diimplementasikan secara optimal. Pemenuhan faktor input dan optimalisasi proses perlu diupayakan dengan dukungan dari Dinas Kesehatan.


Keywords: Puskesmas, Akreditasi, Tata Kelola Mutu, Input, Proses USEPDSA, Output INM