Pengaruh Media Educandy Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa

Main Article Content

Nita Rahmanti
Universitas Pendidikan Indonesia
Leli Halimah
Universitas Pendidikan Indonesia
Ai Sutini
Universitas Pendidikan Indonesia
Pentingnya anak belajar IPS karena merupakan suatu ilmu yang berhubungan dengan lingkungan dan masyarakat social, agar siswa menjadi warga negara yang demokratis, bertanggung jawab serta cinta damai, untuk mengoptimalkan pembelajaran IPS diperlukan adanya motivasi yang kuat dari siswa  yang menjadi dorongan agar terjadinya interaksi yang dapat memungkinkan untuk siswa memperoleh hasil belajar yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dengan penggunaan aplikasi educandy terhadap motivasi dan hasil belajar IPS siswa. Alasan pentingnya aplikasi Educandy dalam upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS karena Educandy Salah satu permainan yang merupakan hasil perkembangan dari teknologi digital. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen semu (Quasi Experiment Design). dengan menggunakan instrumen pengumpulan data berupa angket motivasi, angket hasil belajar untuk penguatan, wawancara, penggunaan media aplikasi educandy serta observasi. Hasil penelitian yang didapat menunjukan bahwa motivasi belajar ketika menggunakan media pembelajaran Educandy sangatlah termotivasi dengan adanya suatu rangsangan untuk peserta didik ketika belajar,begitu pula dengan hasil belajar yang menunjukan bahwa hasil belajar merupakan suatu hasil/nilai yang diperoleh oleh peserta didik ketika sudah mengetahui ilmu yang didapat baik dari aspek psikomotor, kognitif maupun afektif, Hasil penelitian juga membuktikan bahwa pengaruh aplikasi Educandy terhadap motivasi belajar dan hasil belajar sebesar 0,04% selebihnya ditentukan oleh variabel lain.
Keywords: Educandy, Motivasi, Hasil Belajar