Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Pada Anak Sekolah Dasar

Main Article Content

Seilla Julya Marlita Khaerunisa
Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Jawa Barat, Indonesia
Dinie Anggraeni Dewi
Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Jawa Barat, Indonesia
Yayang Furi Furnamasari
Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Jawa Barat, Indonesia

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai Pancasila yang akan diterapkan pada anak sekolah dasar. Artikel ini didasarkan pada metode pendekatan kualitatif. Pengumpulan data ini disusun dengan jurnal-jurnal yang relevan. Hasil pembahasan teori ini menerapkan dasar-dasar Pancasila untuk anak sekolah dasar. Mulai dari sila pertama hingga sila terakhir. Sila pertama menjelaskan tentang Tuhan Yang Maha Esa, menjelaskan kepada siswa tentang keberadaan Tuhan. Sila kedua menjelaskan tentang kemanusiaan yang adil dan beradab, menerapkan keadilan kepada peserta didik yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Prinsip ketiga adalah tentang persatuan Indonesia, menerapkan persatuan seperti di kelas. Keempat, demokrasi yang dipimpin oleh kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, menerapkan diskusi di kelas. Kelima, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Menciptakan suasana di dalam kelas dalam menerapkan dasar-dasar Pancasila


Keywords: Nilai-nilai Pancasila, implementasi, sekolah dasar, nasionalisme