Penerapan Pembelajaran Model Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Swasta Tanjung Anom

Main Article Content

Bella Saputri
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournaments (TGT) bertujuan untuk membuat siswa merasa santai selama proses belajar mengajar, serta menumbuhkan rasa tanggung jawab individu dan kelompok, kerjasama, dan persaingan sehat melalui permainan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Swasta Tanjung Anom. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). PTK memiliki peranan penting dalam meningkatkan mutu pembelajaran jika diterapkan dengan baik. Desain penelitian yang digunakan adalah model spiral yang terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa, dengan penurunan jumlah siswa dengan N-Gain rendah dari 4 siswa (16,67%) pada siklus I menjadi 1 siswa (3,33%) pada siklus II. Jumlah siswa dengan N-Gain sedang berkurang dari 18 siswa (60%) pada siklus I menjadi 13 siswa (43,33%) pada siklus II. Siswa dengan N-Gain tinggi meningkat dari 7 siswa (53,33%) pada siklus I. Rata-rata pre-test pada siklus II adalah 57,67, dan rata-rata post-test pada siklus I adalah 78,67, sedangkan pada siklus II adalah 85,83. Rata-rata N-Gain meningkat dari 0,53 pada siklus I menjadi 0,67 pada siklus II.


Keywords: Hasil belajar, Model Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament (TGT)