Pembangunan Dan Pemasaran Wajah Kota (City Appearance Branding) Dalam Meningkatkan Branding Kota Ambon

Main Article Content

Wa Ode Sitti Jurianti Aswad
Universitas Pattimura
Stevianus Titaley
Universitas Pattimura

Pembangunan dan pemasaran wajah kota (city appearace branding) merupakan salah satu unsur yang penting dalam pembangunan smart branding sebuah kota yang mencakup visual, estetika dan citra keseluruhan yang ditujukan pada penduduk dan pengunjung sebuah kota. Kota Ambon memiliki potensi yang cukup besar memperkuat posisinya melalui branding dikarenakan dikarenakan memiliki identitas dan karakteristik yang kuat. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan identifikasi pemasaran wajah Kota Ambon malalui elemen citra kota dan serta konsep pengembanganya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan penggambaran fenomena yang berkembang. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kota Ambon telah melakukan pencitraan merek tampilan kota pada beberapa elemen citra kota yaitu pada landmark, path, nodes dan signage kota yang merepresentasikan branding Kota Ambon yang sedang diperkenalkan yaitu “Ambon City of Music”. Namun, pengembangan branding di Kota Ambon perlu diarahkan pada smart branding yang sejatinya mengacu pada penggunaan teknologi, inovasi, dan praktik berkelanjutan untuk menciptakan citra kota yang unik dan menarik. Hal ini melibatkan pemanfaatan aset kota seperti budaya, sejarah, infrastruktur, dan sumber daya alam, untuk memposisikannya sebagai tempat yang diinginkan untuk tinggal, bekerja, berkunjung, dan berinvestasi.


Keywords: Branding, Citra Kota, Wajah Kota