Perancangan Model Bisnis dengan Menggunakan Business Model Canvas yang Berfokus pada Blok Marketing pada Umkm XYZ

Main Article Content

Erin Haynes
Fakultas Rekayasa Industri, Universitas Telkom
Endang Chumaidiyah
Fakultas Rekayasa Industri, Universitas Telkom
Muhammad Almaududi Pulungan
Fakultas Rekayasa Industri, Universitas Telkom

XYZ merupakan sebuah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang menjual berbagai jenis kebutuhan di e-commerce Tokopedia dan Shopee. Akan tetapi, penjualan di e-commerce Tokopedia mengalami penurunan sejak bulan Oktober tahun 2022. Oleh karena itu, dilakukanlah perancangan model bisnis usulan demi meningkatkan pendapatan bisnis XYZ. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk merancang model bisnis XYZ menggunakan Business Model Canvas. Penelitian ini diawali dengan memetakan Business Model Canvas eksisting dari XYZ, lalu analisis profil pelanggan, dan kemudian dilakukan analisis SWOT. Setelah itu, dilakukan perancangan model bisnis yang baru dari XYZ. Dari hasil perancangan model bisnis usulan yang berfokus pada blok marketing yaitu pada blok customer relation, customer segment, dan channel dari XYZ. Maka, dibuatlah perancangan platform pemasaran baru melalui Tik-Tok guna meningkatkan pendapatan XYZ


Keywords: Business Model Canvas, Hasil Laut 77, Customer Profile, Analisis SWOT, Tik-Tok