Pemaknaan Pengikut Instagram @politikin.aja terhadap Personal Branding Calon Presiden

Main Article Content

Bramcov Stivens Situmeang
Universitas Kristen Indonesia

Personal branding penting dilakukan oleh tokoh politik untuk dikenal masyarakat. Dalam memperkuat personal branding perlu adanya usaha untuk menyebarkan informasi salah satunya menggunakan media sosial seperti instagram, tikok dan lain sebagainya. Berbagai konten dapat disajikan di media sosial, seperti konten parodi misalnya. Akun instagram @politikin.aja merupakan salah satu akun instagram yang menggunakan konten parodi terkait situasi politik menjelang pemilihan umum presiden tahun 2024 untuk menjangkau khalayak. Akun ini aktif memposting perkataan atau perbuatan yang pernah diucapkan di masa lampau dari ketiga pasangan calon presiden yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. Penelitian ini melihat bagaimana pemaknaan pengikut akun instagram @politikin.aja terhadap personal branding calon presiden pada Pilpres 2024. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan metode analisis khalayak. Berdasarkan hasil penelitian menemukan bahwa masing-masing informan memiliki posisi pemaknaan yang beragam terhadap masing-masing konten parodi politikin aja. Pada konten yang menggambarkan parodi prabowo, informan dominan berada pada posisi hegemoni. Sedangkan pada konten yang menggambarkan parodi Ganjar dan Anies, informan dominan berada pada posisi negosiasi. Pengikut akun dominan memaknai konten parodi yang disajikan akun instagram @politikin.aja sesuai makna preferred reading yang ditawarkan dalam teks serta meneguhkan makna dominan tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa faktor pendidikan dan faktor usia memengaruhi informan dalam memaknai postingan konten parodi tersebut


Keywords: media sosial, personal branding, parodi