Inisiatif E-Government Di Indonesia Sebagai Upaya Meningkatkan Pelayanan Dan Akuntabilitas Publik

Main Article Content

Pegi Sugiartini
Universitas Muhammadiyah Cirebon
Lutfiyatut Tamamiyah
Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon

Pada era globalisasi dan kemajuan teknologi, tuntutan terhadap pelayanan publik yang berkualitas dan transparan semakin meningkat. Upaya untuk memenuhi tuntutan tersebut, pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya, salah satunya adalah melalui inisiatif e-government. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji inisiatif e-government di Indonesia sebagai upaya meningkatkan pelayanan dan akuntabilitas publik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan studi literatur ynag diperoleh dari Google Schoolar. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa e-government di Indonesia telah memberikan beberapa manfaat diantaranya yaitu meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik, meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pelayanan publik, dan meningkatkan aksesibilitas pelayanan publik. Meski demikian, e-government di Indonesia menghadapi berbagai tantangan diantaranya seperti infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi yang masih belum memadai, kurangnya SDM yang kompeten di bidang e-government, serta masih adanya budaya birokrasi yang menghambat penerapan e-government. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-government di Indonesia memiliki potensi untuk meningkatkan pelayanan dan akuntabilitas publik. Namun, inisiatif ini masih menghadapi beberapa tantangan yang perlu diatasi.


Keywords: E-Government Indonesia, Pelayanan, Akuntabilitas Publik