Harmoni Kecermelangan Akademik Dan Perilaku Kebaikan Sosial Siswa Kelas VIII B MTs. Al-Maarif II Dak Jaya Sintang

Main Article Content

Nijo Nijo
Institut Agama Islam negeri Pontianak
Rini Mulyani
Institut Agama Islam negeri Pontianak
Sumin Sumin
Institut Agama Islam negeri Pontianak

Pendidikan tidak hanya sekadar meraih prestasi akademik tinggi, tetapi juga harus mampu membentuk individu yang memiliki sikap sosial yang. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara kecemerlangan akademik dan perilaku kebaikan sosial pada siswa kelas VIII B di MTs. Al-Maarif II Dak Jaya, Sintang. Fokus utama penelitian ini adalah untuk memahami apakah terdapat hubungan yang signifikan antara prestasi akademik siswa dan perilaku kebaikan sosial yang ditunjukkan di lingkungan sekolah. Metode penelitian menggunakan analisis korelasi Pearson's untuk mengukur sejauh mana ada korelasi antara nilai akademik siswa dengan tingkat kebaikan sosial yang mereka tunjukkan Partisipan penelitian melibatkan siswa kelas VIII B sebagai sampel utama yang berjumlah 19 orang responden. Hasil penelitian menunjukan data prestasi akademik diperoleh dari catatan nilai rapor, sementara data perilaku kebaikan sosial dikumpulkan melalui pengisina angket dengan 10 soal pertanyaan, analisis statistik melibatkan p-value, interval kepercayaan, dan ukuran efek untuk memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang hubungan antara kecemerlangan akademik dan perilaku kebaikan sosial. Kesimpulan hasil dari peneltian tersebut antara kecermelangan akademik dan perilaku baik sosial tidak mempunyai korelasi yang signifikan hubungannya positif namu lemah.


Keywords: Harmoni, Kecermelangan Akademik, Perilaku Kebaikan Sosial