Analisis Peran Game Mmo Dalam Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Computational Thinking Siswa: Studi Kasus Mata Pelajaran Informatika Di Sma Bpi 2 Bandung

Main Article Content

Reza Putra Ramadhan
Universitas Pendidikan Indonesia
Suprih Widodo
Universitas Pendidikan Indonesia

Mata pelajaran Informatika di SMA BPI 2 Bandung menghadapi tantangan dalam mengembangkan keterampilan computational thinking (CT) siswa, terutama terkait dengan pemahaman coding. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran game berbasis Multiplayer Online (MMO) dalam pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan keterampilan CT siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan pre-test dan post-test tanpa kelompok kontrol. Data dikumpulkan menggunakan instrumen pre-test dan post-test, yang dianalisis dengan uji Wilcoxon untuk mengetahui perbedaan signifikan dalam kemampuan siswa. Dalam penelitian ini, Minecraft Education digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan game MMO secara signifikan meningkatkan keterampilan computational thinking siswa, dengan rata-rata nilai post-test yang lebih tinggi (82,35) dibandingkan pre-test (65,75). Selain itu, pembelajaran berbasis proyek menggunakan Minecraft Education juga meningkatkan motivasi belajar dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi game edukasi dalam pembelajaran dapat mendukung pengembangan keterampilan abad ke-21 siswa, khususnya dalam mengatasi tantangan pembelajaran coding dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis serta kreatif. Rekomendasi bagi pendidik adalah untuk mempertimbangkan penggunaan game berbasis MMO dalam pembelajaran Informatika untuk mencapai tujuan pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan.


Keywords: Computational Thinking;, Game MMO;, Pembelajaran Berbasis Proyek;, Minecraft Education;, Informatika