Pengaruh Angka Engagement Media Sosial Instagram Terhadap Revenue Bulanan di Aurila Hotel Palangka Raya

Main Article Content

Evan Octavaldy
Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Panji Anom Prajasutra
Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Wisudanto Wisudanto
Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Salah satu fasilitas internet yang terus maju seiring perkembangan teknologi di internet adalah media sosial. Hal ini membuat media sosial, terutama Instagram yang merupakan sosial media dengan pengguna terbanyak di Indonesia, menjadi alat pemasaran yang penting bagi banyak sektor industri, termasuk sektor perhotelan.  Dengan komunikasi dua arah yang didapat dari engagement pada media sosial, maka terbangun juga keterlibatan pelanggan lebih dalam yang juga akan berpengaruh kepada pendapatan dari sebuah usaha. Pada penelitian ini dipilih salah satu usaha yang baru saja berdiri selama 2 tahun lebih dan tidak terikat dengan sebuah franchise untuk mengetahui seberapa berpengaruh engagement pada media sosial terhadap pendapatan sebuah usaha baru, sehingga Aurila Hotel Palangka Raya dipilih sebagai objek penelitian ini. Dengan menggunakan metode kuantitatif berupa uji linear regresi dengan aplikasi SPSS, data revenue bulanan dari hotel tersebut dikumpulkan dan dianalisa dengan dibandingkan dengan angka engagement pada periode tertentu. Dari hasil analisis tersebut didapatkan bahwa terdapat pengaruh antara engagement pada akun Instagram hotel dengan revenue bulanan.


Keywords: Engagement, media sosial, Instagram, Aurila Hotel Palangka Raya, revenue bulanan