Keterampilan Penguasaan Kelas Oleh Guru: Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Di Smp Desa Putera, Jakarta
Main Article Content
Keterampilan penguasaan kelas merujuk pada kemampuan guru untuk mengelola dan mengatur lingkungan belajar secara efektif. Sementara itu hasil belajar merujuk pada pencapaian atau capaian yang diperoleh siswa setelah mengikuti proses pembelajaran. Keterampilan penguasaan kelas kurang dipandang sebagai salah satu faktor penting kaitannya meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi keterampilan penguasaan kelas oleh guru dan dampaknya terhadap hasil belajar siswa di SMP Desa Putera, Jakarta. Penelitian ini memadukan analisis fenomena dengan metodologi kualitatif. Analisis dokumen, observasi kelas, dan wawancara mendalam digunakan untuk mengumpulkan data. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari enam orang guru mata Pelajaran. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan penguasaan kelas yang baik sangat mempengaruhi lingkungan belajar dan hasil belajar siswa. Pengembangan keterampilan guru dalam berbagai aspek, seperti komunikasi, motivasi, manajemen kelas, dan penggunaan teknologi, dapat meningkatkan kualitas hasil belajar. Siswa merasa lebih termotivasi dan terlibat aktif dalam proses pembelajaran ketika guru mampu menciptakan lingkungan kelas yang kondusif. Guru memiliki keterampilan penguasaan kelas, walaupun belum maksimal sehingga temuan ini merekomendasikan bahwa relevansi pelatihan dan pengembangan profesional bagi guru untuk meningkatkan keterampilan penguasaan kelas demi mencapai hasil belajar yang optimal.