Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kepuasan Konsumen Yang Berdampak pada Revisit Intention ke Taman Mini Indonesia Indah

Main Article Content

Muhammad Rachmadi Satria
Institut Pertanian Bogor, Indonesia
Musa Hubeis
Institut Pertanian Bogor, Indonesia
Popong Nurhayati
Institut Pertanian Bogor, Indonesia

Wisata merupakan kebutuhan setiap lapisan masyarakat, khususnya bagi masyarakat DKI Jakarta yang merupakan provinsi dengan kepadatan penduduk tertinggi di Indonesia (BPS 2023). TMII merupakan salah satu objek wisata yang menunjukkan penurunan penyerapan jumlah kunjungan sebesar 73% dibandingkan destinasi wisata lain di DKI Jakarta pada tahun 2019-2022 (BPS 2023). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan konsumen yang berdampak pada revisit intenton ke TMII. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara semi terstruktur dan kuesioner yang diajukan kepada konsumen yang sedang berada di TMII dengan metode purposive sampling, serta data sekunder diperoleh dari studi literatur, dan sumber-sumber relevan lainnya. Pengolahan data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan SEM-PLS. Dari analisis tersebut diperoleh hasil bahwa daya tarik wisata, mutu pelayanan, dan customer experience masing-masing berpengaruh nyata dan positif terhadap kepuasan konsumen, dan mutu pelayanan, customer experience, serta kepuasan konsumen masing-masing berpengaruh nyata dan positif terhadap revisit intention ke TMII.


Keywords: Pariwisata\, Perilaku Konsumen, Kepuasan Konsumen, Revisit Intention