Desain Pembelajaran Inovatif Dan Interaktif, Pembelajaran Aktif Yang Menyenangkan

Main Article Content

Yanternopa Purnama
Universitas Terbuka, Jakarta, Indonesia

Pada hakikatnya guru adalah pelajar yang tidak pernah berhenti belajar. Dengan demikian guru dapat mengembangkan dan berinovasi dalam dunia pendidikan. Pelaksanaan pembelajaran kali ini dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajara siswa. kegiatan ini dilaksanakan didasarkan dari nilai rapor sekolah yang menunjukan nilai literasi dan numerasi siswa masih perlu ditingkatkan kembali. Sehingga pada pelaksanaan kegiatan ini guru melakukan inovasi pembelajaran dengan mengkombinasi metode diferensiasi dengan model PBL dan pola pelaksanaan pembelajaran POMODORO. Praktik pembelajaran inovatif ini dilaksanakan di kelas IV SDN Parung 03 Kab. Bogor. Dengan jumlah siswa 35 orang, 12 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan. Dalam pelaksanaan pembelajaran ini di bagi menjadi 5 tahapan, tahap pertama orientasi masalah, tahap kedua keorganisasian peserta didik, tahap ketiga pembimbingan investigasi, tahap keempat penyajian hasil diskusi dan yang kelima analisis dan evaluasi. Dari hasil pelaksanaan kegiatan ini didapatkan hasil observasi bahwa keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran meningkat, serta hasil belajar siswa dari rata-rata kelas 30,5 menjadi 45, itu berari mengalami peningkatan hasil belajar. Dan diharapkan kedepannya agar mendapatkan hasil maksimal perlu diimbangi dengan sarana dan prasarana yang memadai pula.


Keywords: diferensiasi, pbl, pomodoro