Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Aisyiyah 1 Palembang

Main Article Content

Aseptianova
Universitas Muhammadiyah Palembang, Indonesia
Y. Rosa Adilla
Universitas Muhammadiyah Palembang, Indonesia
Kholilah
Universitas Muhammadiyah Palembang, Indonesia
Nizkon Haslin
Universitas Muhammadiyah Palembang, Indonesia

Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar di SMA Aisyiyah 1 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-experimental design. Dengan rancangan penelitian Design One Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian ini menggunakan satu kelas yaitu X.1 di SMA Aisyiyah 1 palembang sebagai kelas eksperimen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan ui hipotesis. Berdasarkan penelitian ini didapatkan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05. Karena sig 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya model Discovery Learning berbantuan aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar siswa berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.1 pada materi Keanekaragaman Hayati di SMA Aisyiyah 1 Palembang.


Keywords: discovery learning, Hasil belajar , aplikasi quizizz