Strategi Penguatan Standarisasi Produk Halal Indonesia Melalui Kerja Sama Indonesia, Malaysia, Thailand Growth Triangle (IMT-GT)

Main Article Content

Sitti Aisyah
Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
Hikmah Mahda
Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Kerja sama sub regional Indonenesia Malaysia Thailand Growth Trangle (IMT-GT) merupakan wadah kerjasama bagi Indonesia, Malaysia dan Thailand. Standarisasi Halal merupakan salah satu program khusus bagi IMT-GT. Indonesia sebagai negara dengan penduduk mayoritas muslim, memiliki strategi dalam meningkatkan standarisasi produk halal melalui IMT-GT.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menggunakan teknik document studies. Penelitian kualitatif adalah penelitian empiris yang hanya berfokus pada pengamatan data tidak didasarkan pada pengukuran matematis yang telah ditetapkan oleh peneliti. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Indonesia memperkuat standarsasi produk halal dengan program Jaminan Produk Halal.  Dengan melibatkan BPJPH dan UMKM, Indonesia mampu mendorong kerjasama IMT-GT sesuai dengan standar, regulasi dan amanah Undang-Undang. BPJPH telah melakukan terobosan-terobosan dan sertifikasi halal UMKM dengan mencetuskan Program Sertifikta Halal Gratis (SEHATI), Self Declare, teknologi berbasisi AI, Blockchain dan E-Commerce.Progam-program tersebut dilakukan dengan perencanaan, pengkalaborasian,dan pengintegrasian bagi IMT-GT.


Keywords: Standarisasi, produk halal, IMT-GT