Pengaruh Tourism Experience Economy, Tourist Engagement & Overall Satisfaction Dalam Menciptakan Intensi Berbagi Word Of Mouth (WOM) Wisatawan Mancanegara di Desa Wisata Pinge, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali

Main Article Content

I Made Sugita Darmateja
Magister Terapan Pariwisata, Politeknik Pariwisata Bali, Indonesia

Penelitian ini ditujukan untuk menganalisa pengaruh dari tourism experience economy, tourist engagement dan overall satisfaction dalam menciptakan intensi prilaku berbagi word of mouth (WOM) wisatawan mancanegara di Desa Wisata Pinge, Bali dengan mengaplikasikan konstruk model hirarki.. Data dari 143 sampel responden dikumpukan pada periode waktu penelitian Agustus hingga Desember 2023 untuk digunakan dalam analisa hubungan kausal. Di dalam model penelitian ini, tourism experience economy dan tourist engagement diposisikan sebagai konstruk second order yang secara teori  memiliki pengaruh pada overall satisfaction sebagai anteseden dari penciptaan intensi berbagi word of mouth (WOM). Dalam analisa model struktural, hasil yang ditemukan adalah konstruk tourism experience economy secara signifikan berpengaruh pada overall satisfaction dengan nilai koefisien 0,670; dan kepuasan menyeluruh wisatawan secara signifikan berpengaruh positif juga pada intensi wisatawan mancanegara untuk berbagi word of mouth (WOM) di Desa Wisata Pinge dengan nilai koefisien jalur sebesar  0,580..


Keywords: tourism experience economy, tourist engagement, overall satisfaction, word of mouth, WOM, tourism village, desa wisata, Desa Wisata Pinge