Mengidentifikasi Manajemen Bimbingan Konseling di Sekolah SMP Negeri 11 Medan
Main Article Content
Manajemen bimbingan dan konseling di sekolah merupakan aspek penting dalam memberikan dukungan holistik kepada siswa yang mencakup akademik, emosional, sosial dan kesejahteraan. Program ini diciptakan untuk membantu siswa mengatasi perkembangan, tekanan akademik dan bisang perilaku positif. Selain itu, bimbingan akademik dapat membantu mengarahkan siswa merencanakan dan mencapai tujuan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti mengenai pengdentifikasian manajemen bimbingan konseling di Sekolah SMP Negeri 11 Medan. Metode pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan wawancara mendalam. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Wawancara, observasi dan dokumentasi. SMP Negeri 11 Medan mendukung perkembangan siswa secara holistik, membantu mengatasi tekanan akademik dan masalah interpersonal, serta mempromosikan perilaku positif. Meskipun ada kendala sumber daya, evaluasi menunjukkan perlunya peningkatan metode dan kerjasama dengan orang tua serta komunitas untuk memastikan relevansi layanan dengan kebutuhan siswa.