Analisa Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan dan Loyalitas Pasien di Rumah Sakit: Literature Review
Main Article Content
Kesehatan merupakan aspek yang penting dalam kehidupan manusia, rumah sakit sebagai salah satu institusi yang memberikan layanan kesehatan harus senantiasa memberikan yang terbaik kepada pelanggannya dalam hal ini pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan dan loyaitas pasien. Sehingga menjadi potret yang utuh untuk melihat faktor-faktor yang perlu ditingkatkan dalam mewujudkan kepuasan dan loyalitas pasien terhadap rumah sakit. Metodologi yang dipakai dalam penulisan artikel ini adalah literature review dengan menggunakan kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil penelitian menunjukkan kepuasan dan loyalitas pasien dipengaruhi oleh beberapa faktor yang menggambarkan kemampuan rumah sakit dalam memberikan pelayanan, pemahaman, rasa aman dan nyaman serta dukungan fasilitas yang mendukung kesembuhan pasien. Kualitas pelayanan mencakup beberapa dimensi: tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty.