Perancangan Strategi Untuk Pt. Xyz

Main Article Content

Yohanes Patrik Adventus Banda
Universitas Surabaya, Jawa Timur
Werner Ria Murhadi
Universitas Surabaya, Jawa Timur

Lingkungan bisnis berubah sangat cepat dari waktu ke waktu, sehingga perusahaan harus memikirkan terlebih dahulu strategi apa yang akan diambil untuk mempersiapkan diri menghadapi persaingan yang semakin ketat di masa depan. PT. X merupakan perusahaan manufaktur lem yang mengalami kesulitan dalam merancang manajemen strategis. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi yang paling tepat untuk diterapkan oleh perusahaan. Paradigma yang digunakan adalah interpretivisme dengan menggunakan metode kualitatif pada PT. X. Penelitian diawali dengan menelusuri kondisi internal dan eksternal perusahaan kemudian seluruh kemungkinan strategi dihasilkan dengan menggunakan Matriks SWOT dan Matriks Grand Strategy dan dievaluasi dengan QSPM. Strategi pengembangan pasar dipilih sebagai strategi terbaik bagi PT. X. Periode audit internal dan eksternal dibatasi pada periode penelitian, sehingga alternatif strategi yang dihasilkan hanya terbatas pada kondisi yang terjadi pada periode waktu tersebut.


Keywords: studi kasus, manajemen strategis, perumusan strategi, desain strategi, penelitian kualitatif