Struktur Kepribadian Pada Realitas Kampanye Politik Pemilihan Osis Dalam Film Carnivale

Main Article Content

Darmata Noorfauziah Maulidania
Program Pascasarjana Ilmu Komunikasi, Universitas Indonesia

Pemilihan umum merupakan salah satu agenda yang biasa dilakukan untuk memilih calonn yang akan menjadi pemimpin. Strategi komunikasi dibutuhkan sebagai cara untuk memperoleh dukungan dalam pemilihan umum dengan berdasarkan pada struktur kepribadian dari para calon pemimpin. Dalam penelitian ini menggunakan teori psikoanalisis dan dibantu oleh konsep semiotika. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi struktur kepribadian yang mewakili kepribadian politik dan situasi kampanye politik dalam kegiatan politik siswa di sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi teks dari plot film pendek mockumentary yang berjudul Carnivale. Hasil penelitian menemukan bahwa struktur kepribadian mendasari perilaku yang dilakukan oleh kandidat pemimpin OSIS pada masa pemilihan, dan penggunaan kode sosial digunakan sebagai strategi untuk mengkritik dan menyebarkan fitnah kepada kandidat lain.


Keywords: Psikoanalisis, Semiotika, Kampanye Politik, Mockumentary, Film Carnivale