Rancang Bangun Aplikasi Pemimjam dan Pengembalian Buku Menggunakan Barcode Berbasis Android di Perpustakaan Yayasan Mafazah

Main Article Content

R Nurul Arifah Amini
Program Studi Sistem Informasi, Universitas Indonesia Membangun
Rini Sulistyowati
Program Studi Sistem Informasi, Universitas Indonesia Membangun

Perpustakaan sekolah merupakan salah satu fasilitas pendidikan yang menunjang kegiatan pembelajaran dan memiliki peran penting dalam mendukung pencapaian tujuan pendidikan. Di Perpustakaan Yayasan Mafaza Indonesia, perpustakaan berperan dalam membantu siswa dan guru dalam mendapatkan referensi materi pelajaran untuk mendukung kegiatan belajar mengajar. Di perpustakaan, kegiatan seperti pendaftaran pengunjung, pencatatan buku, peminjaman buku, pengembalian transaksi, dan pembuatan laporan di perpustakaan masih dilakukan secara manual, sehingga membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih banyak, dan sering terjadi kesalahan dalam mencari data yang dibutuhkan. Penulis merancang sistem informasi pengelolaan perpustakaan menggunakan QR Code berbasis web untuk mengatasi masalah ini sehingga kegiatan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan mudah. Metode pengembangan Waterfall digunakan untuk membangun sistem informasi berbasis web ini. Tahapan yang dilalui dalam metode ini adalah tahapan Persyaratan, Desain, Pengkodean & Pengujian, Integrasi & Pengujian, dan Operasi dan Pemeliharaan. Sistem informasi dibangun menggunakan bahasa pemrograman JavaScript, pustaka ReactJS, Cloud Firestore sebagai database, dan UML sebagai model sistem. Hasil akhir dari desain ini adalah menghasilkan sistem informasi pengelolaan perpustakaan menggunakan QR Code berbasis web untuk SMPN 1 Perpustakaan Mandalawangi. Dapat diartikan bahwa sistem yang telah dirancang dapat memudahkan staf perpustakaan dalam proses pelayanan, pengelolaan data, dan pembuatan laporan di perpustakaan Yayasan Mafaza Indonesia.


Keywords: Perpustakaan, Sistem Informasi Manajemen, Kode QR, UML, Air Terjun