Strategi Marketing dalam Bisnis Recovery Batik Komar di Era New Normal

Main Article Content

Arrahmansah Tetra
Faculty of Administrative Science, Universitas Indonesia, Indonesia
Effy Zalfiana
Faculty of Administrative Science, Universitas Indonesia, Indonesia

Krisis pandemi COVID-19 secara mendasar berdampak pada siklus perekonomian dunia usaha, khususnya bagi UMKM. Sebagai sebuah usaha bisnis, UMKM harus mempunyai strategi khusus untuk pemulihan usahanya. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif. Dengan menggunakan Studi Kasus Batik Komar, penelitian ini bertujuan untuk membahas strategi pemasaran UMKM Batik Komar dalam pemulihan usaha di era new normal. Penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan Batik Komar sangat kompleks. Ini berfokus pada inovasi, personal branding, dan konten digital. Batik Komar berhasil meningkatkan omzetnya di era new normal. Terdapat delapan (8) strategi yang dilakukan yaitu identifikasi segmentasi pasar, positioning produk, riset pasar, bauran pemasaran, IMC, pemasaran berbasis nilai (inovasi), pemasaran berbasis hubungan (personal branding), dan pemasaran digital.


Keywords: Strategi Pemasaran, Pemulihan Bisnis, IMC, Innovasi, UMKM