Pembelajaran PAI di Sekolah Inklusi (Studi Kasus di SDN 04 Bejen Karanganyar)
Main Article Content
Hak bagi setiap warga negara termasuk anak berkebutuhan khusus memperoleh pendidikan. Pendidikan inklusi merupakan pendidikan yang memfasilitasi pendidikan tanpa membeda-bedakan. Sehingga perlu adanya bagaimana menyesuaikan dalam pembelajaran termasuk PAI. Tulisan ini meneliti SDN 04 Bejen Karanganyar yang merupakan sekolah dasar rintisan sekolah inklusi di kecamatan Karanganyar. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara serta telaah dokumen yang terkait. Akhir dari penelitian ini menginformasikan bahwa pembelajaran pendidikan agama Islam di SDN 04 Bejen Karanganyar melalui dua tahap; perencanaan dan pelaksanaan. Perancanaan disesuaikan dengan silabus dan tujuan pembelajaran. Sedangkan pelaksanaan pembelajaran ditentukan dengan metode yang digunakan menyesuaikan kondisi siswa