Pengaruh Manajemen dan Profesionalisme Perawat Terhadap Kepuasan Pasien di Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit Tk II Dr. R. Hardjanto Balikpapan

Main Article Content

Ramadani Ramadani
Mahasiswa Program Studi Magister Manajemen konsentrasi Magister Manajemen Rumah sakit Pascasarjana Universitas Sangga Buana Bandung
Farida Yuliaty
Staf Dosen PascasarjanaUniversitas Sangga Buana Bandung

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen organisasi dan profesionalisme perawat terhadap kepuasan pasien di Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit TK II Dr. R. Hardjanto Balikpapan. Pelayanan kesehatan yang premium dan mudah tidak selalu menjamin kesetiaan dan kepuasan pasien. Oleh karena itu, penting bagi manajemen rumah sakit untuk secara berkesinambungan meningkatkan profesionalisme perawat dalam memberikan pelayanan kesehatan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam terhadap tiga pasien di poliklinik rawat jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen organisasi dan profesionalisme perawat memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Profesionalisme perawat yang melibatkan empati, komunikasi yang baik, dan keterampilan teknis merupakan faktor kunci dalam meningkatkan kepuasan pasien.


Keywords: Manajemen organisasi, profesionalisme perawat, kepuasan pasien, rumah sakit