Self regulated learning Terhadap Prestasi Belajar untuk Siswa SMK Negeri 1 Kota Ternate

Main Article Content

Siti Umairah
Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Khairun
Syam Ardy Dabi
Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Khairun

Self regulated learning (Pembelajaran mandiri) yang diatur sendiri telah muncul sebagai konstruk baru yang penting dalam pendidikan. Pemahaman kita tentang belajar mandiri telah diinformasikan oleh tiga aliran pemikiran: (1) Penelitian tentang gaya metakognitif dan pengaturan, (2) Penelitian tentang gaya belajar, dan (3) teori tentang diri, termasuk perilaku yang diarahkan pada tujuan. Berdasarkan aliran pemikiran ini, model tiga lapis disajikan. Seperti lapisan terdalam menangani pengaturan mode pemrosesan, Lapisan tengah mewakili pengaturan proses pembelajaran dan lapisan terluar menyangkut pengaturan diri. Pendidik dan peneliti akan mendapatkan keuntungan dari integrasi ketiga kerangka acuan ini ke dalam model belajar mandiri yang komprehensif. Psikoedukasi ini secara khusus berupaya untuk memberikan pengetahuan kepada siswa-siswi perkantoran SMK , dengan populasi peserta sebanyak 43 siswa. Siswa dengan kemampuan belajar mandiri yang lebih baik dapat mengoptimalkan lingkungan belajar dan menjadi lebih progresif dalam hal pencapaian akademik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa SRL dapat mempengaruhi pengoptimalan lingkungan belajar dan prestasi belajar.


Keywords: Self Regulated Learning, Psikoedukasi, Proses Pembelajaran