Pengaruh Kemudahan, Kualitas Layanan dan Kepercayaan Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Aplikasi Dana di Yogyakarta

Main Article Content

Deden Iwan Kusuma
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yayasan Keluarga Pahlawan Negara (STIE YKPN)
Aprilian Stephanie Padji
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yayasan Keluarga Pahlawan Negara (STIE YKPN)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi kemudahan, persepsi kualitas layanan dan persepsi kepercayaan terhadap minat bertransaksi menggunakan aplikasi DANA. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data primer yang berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Yogyakarta yang pernah bertransaksi menggunakan aplikasi DANA. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria yang pernah bertransaksi menggunakan aplikasi DANA. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 104 responden. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan dan persepsi kepercayaan berpengaruh positif terhadap minat bertransaksi menggunakan aplikasi DANA, sedangkan persepsi kualitas layanan berepngaruh negatif terhadap minat bertransaksi menggunakan aplikasi DANA.


Keywords: Persepsi Kemudahan, Persepsi Kualitas Layanan, Persepsi Kepercayaan, Minat Bertransaksi