Implementasi Teknologi dalam Manajemen Komunikasi Bisnis

Main Article Content

Fely Fanesa Budianto
LSPR Communication and Business

Implementasi teknologi dalam manajemen komunikasi bisnis menjadi suatu aspek penting yang memengaruhi efisiensi, responsivitas, dan daya saing suatu perusahaan. Namun, meskipun terdapat banyak potensi manfaat, masih terdapat tantangan dan hambatan dalam menerapkan teknologi ini secara efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji implementasi teknologi dalam manajemen komunikasi bisnis. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan studi kepustakaan. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis pada tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa teknologi yang digunakan dalam manajemen komunikasi bisnis meliputi teknologi komunikasi internal, seperti email, intranet, dan sistem manajemen pengetahuan dan teknologi komunikasi eksternal, seperti website, media sosial, dan email marketing. Implementasi teknologi dalam manajemen komunikasi bisnis dilakukan dengan cara menciptakan saluran komunikasi yang efektif, meningkatkan kolaborasi antar karyawan, meningkatkan layanan pelanggan, meningkatkan pemasaran dan penjualan. Implementasi ini berdampak dalam hal meningkatkan efisiensi dan efektivitas komunikasi, mempermudah akses ke informasi, meningkatkan jangkauan komunikasi dan meningkatkan produktivitas karyawan.


Keywords: Teknologi, Manajemen, Komunikasi Bisnis