Perencanaan Promosi SMA Islam Al-Azhar Kelapa Gading untuk Meningkatkan Reputasi Sekolah

Main Article Content

Eva Puspita Dewi
Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR
Rien Wulandari
Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR
Setiawati Setiawati
Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR

Wilayah Kelapa Gading tempat SMA Islam Al-Azhar Kelapa Gading berada merupakan wilayah dengan mayoritas penduduk non-muslim lebih banyak dibandingkan muslim membuat SMA Islam Al-Azhar ini harus memperluas wilayah jangkauan pasarnya ke luar Kelapa Gading. Jumlah sekolah swasta yang cukup banyak di Jakarta juga menjadi alasan SMA Islam Al-Azhar Kelapa Gading untuk bersaing mendapatkan reputasi baik di masyarakat. Perencanaan Promosi SMA Islam Al-Azhar Kelapa Gading untuk Meningkatkan Reputasi Sekolah ini bertujuan menyusun konsep perencanaan promosi SMA Islam AL-Azhar Kelapa Gading ke target pasar yang lebih luas di luar Kelapa Gading untuk meningkatkan reputasi sekolah. Paradigma yang digunakan adalah socio-cultural, metode penelitian kualitatif. Perencanaan kegiatan promosi yang dilakukan adalah dengan penggunaan media sosial dan aktivitas secara daring sebagai media untuk menjalankan strategi pemasaran dengan tujuan untuk mengundang target pasar yang lebih banyak. Perencanaan promosi yang dilakukan diawali dengan identifikasi khalayak menggunakan Segmenting, Targeting & Positioning. Analisis SWOT terhadap sekolah juga digunakan dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini ialah agar dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, peluang dan ancaman, merumuskan strategi promosi serta meningkatkan reputasi sekolah SMA Islam Al-Azhar. Hasil penelitiannya adalah penggunaan media sosial di Masyarakat sangat tinggi sehingga menjadi kekuatan utama untuk melakukan perencanaan promosi dengan menggunakan media sosial sebagai jembatan penghubung antara sekolah dengan Masyarakat. Reputasi dari sebuah sekolah sangatlah penting untuk memperoleh kepercayaan Masyarakat terhadap SMA Islam Al-Azhar Kelapa gading


Keywords: Aal-Azhar Kelapa Gading, Digitalisasi Sekolah, Promosi, Media Seosial, Integrated Marketing Communicate