Penentuan Prioritas Penanganan Jalan Berdasarkan Analisis Kinerja dan Kelayakan Ekonomi (Studi Kasus: Wilayah I UPT Pengelolaan Jalan dan Jembatan Malang)

Main Article Content

Niken Prabawati
Institut Teknologi Nasional Malang
Lalu Mulyadi
Institut Teknologi Nasional Malang
Nusa Sebayang
Institut Teknologi Nasional Malang

Penelitian ini berfokus pada penentuan prioritas penanganan jalan di Wilayah I UPT Pengelolaan Jalan dan Jembatan Malang, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Jawa Timur. Kondisi jalan yang mantap esensial untuk mendukung kelancaran transportasi dan perekonomian. Dengan keterbatasan dana, penentuan prioritas menjadi krusial. Metode yang digunakan meliputi Analisis Hierarki Proses (AHP) dan Analisis Multikriteria untuk mengintegrasikan aspek teknis dan ekonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prioritas penanganan harus mempertimbangkan kondisi teknis jalan dan dampak ekonomi. Studi ini memberikan rekomendasi kebijakan untuk alokasi dana penanganan jalan yang efektif dan efisien, berdasarkan kriteria yang ditetapkan.


Keywords: Penentuan Prioritas, Analisis Kinerja Jalan, Analisis Kelayakan Ekonomi, Analisis Hierarki Proses (AHP), Penanganan Jalan