Analisis Kualitas Makanan dan Layanan Makan terhadap Tingkat Kepuasan Siswa Kelas XI SMA Taruna Nusantara Magelang dengan Metode Importance Performance Analysis

Main Article Content

Levia Arkananta Sarjono
Universitas Negeri Semarang (UNNES)
Eko Farida
Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Tingkat kepuasan dipengaruhi oleh kualitas yang diberikan baik kualitas layanan makan dan kualitas makanan. Kepuasan akan tercapai apabila harapan konsumen terpenuhi. Metode yang dapat digunakan untuk menganalisis tingkat kepuasan salah satunya adalah metode Importance Performance Analysis (IPA). Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis kualitas makanan dan layanan makan terhadap tingkat kepuasan serta menganalisis prioritas kepentingan atribut kualitas makanan dan layanan makanan di SMA Taruna Nusantara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Terdapat dua variabel yang diuji yaitu variabel bebas berupa kualitas makanan dan layanan makan, serta variabel terikat berupa tingkat kepuasan. Penelitian ini memiliki populasi yaitu 350 siswa kelas IX dengan jumlah sampel 84 siswa. tingkat kesesuai sebesar 81,33%. penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan tertinggi siswa pada atribut atribut no. 13 terkait ketepatan waktu penyajian (98,46%) dan tingkat kepuasan terendah yaitu pada atribut no.7 terkait kebersihan alat penyajian (60,75%). Atribut kualitas makanan dan layanan makan di SMA Taruna Nusantara yang menjadi prioritas dalam perbaikan kualitas yaitu atribut yang berada pada kuadran I antara lain rasa makanan yang disajikan enak (atribut no.1), rasa minuman yang disajikan segar (atribut no.2), kebersihan alat makan yang digunakan dalam penyajian (atribut no. 7), dan cara penyajian makanan menarik dan bersih (atribut no.14). Siswa kelas XI SMA Taruna Nusantara cukup puas dengan kualitas makanan dan layanan makan dibuktikan dengan tingkat kesesuai sebesar 81,33%.


Keywords: Kepuasan, Kualitas Makanan, Kualitas Layanan, Importance Performance Analysis